Tentu saja, Anda sudah tahu bagaimana
menggunakan Microsoft Office Excel tidak?klik
Namun ternyata dalam program rumus
Excel tentu banyak fitur untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah untuk
dilakukan, terutama dalam akuntansi. Menggunakan persamaan, maka pekerjaan Anda
biasanya dilakukan secara manual akan lebih mudah jika mereka memahami
bagaimana menggunakan fungsi dan rumus di Excel.
Di antara banyak rumus di Excel Microsof,
saya sudah mengirimkan daftar rumus Excel dasar yang perlu Anda ketahui untuk
meningkatkan produktivitas Anda ketika menggunakan Microsoft Excel. Berikut
adalah ulasannya.
1. RATA-RATA http://itechcourse.com
rumus excel rata-rata. Dalam rumus ini, fungsinya adalah
untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari data set dibuat. Untuk
menggunakannya, sebagai berikut, perhatikan rumus
= AVERAGE (# 1, # 2, dan seterusnya).
1, 2, dan jadi ini adalah kumpulan data yang telah dicari
nilai rata-rata. Contoh: Ketika mengisi nilai rata-rata B2 ke kolom B6, maka
Anda dapat menggunakan rumus = AVERAGE (B2: B6) dan diakhiri dengan tombol
Enter
2. SUMA
rumus SUM di MS. Excel digunakan untuk menambah satu set
data dalam kumpulan data. Artinya, untuk menulis
= SUM (number1, number2, dan seterusnya).
Untuk number1, number2, dan serangkaian data ditambahkan.
Sebagai contoh, ketika Anda menambahkan B2-B8 dan kolom C8 C2, kemudian menulis
= SUM (B2: B8, C2: C8).
3. MAX
rumus MAX di ms. excel dipakai untuk mencari nilai
tertinggi . Untuk menggunakan ditulis dengan cara
= MAX (number1, nomor 2, dan seterusnya)
1, 2, dan seterusnya atas serangkaian data yang akan
dicari. Untuk menemukan nilai tertinggi dari data yang akan ditulis dalam kolom
D4 untuk D11, kemudian mengetik rumus adalah sebagai berikut: = MAX (D4: D11),
kemudian tombol Enter ditekan untuk mendapatkan hasilnya.
4. MIN
Selain MAX, pada program Excel juga ada rumus MIN yang
berfungsi kebalikan dari MAX.Bila MAX untuk mencari nilai tertinggi,
maka MIN untuk nilai terendah dalam sebuah data numerik pada sheet
Excel. yaitu dengan
=MIN(no. 1, no. 2, …)
Dan N 1, 2, … adalah kumpulan data numerik yang akan dicari
nilai terendahnya. COntohnya di dalam sheet Excel yang dibuat untuk mencari
nilai terendah dari A2-A6 maka =MIN(A2:A6) lalu Enter maka hasil nilai
terendah akan didapatkan.
5. Count
Rumus Count untuk menghitung jumlah data dalam
kumpulan yang dipilih. Bentuk rumus count ini adalah
=COUNT(number 1, number 2, ….)
dan number 1, number 2, … adalah kumpulan data yang akan
dihitung jumlah datanya. Misalnya bisa dilihat dari sekumpulan data dari
A2-A10 maka =COUNT(A2:A10) dan Enter.
6. Logika IF
Excel terdapat suatu rumus yaitu Logika IF, rumus
tersebut digunakan jika data yang dimasukkan punya suatu kondisi
tertentu. Misalnya pada data A1=1, akan didapatkan hasil 2, bila itu
tidak didapatkan hasil, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu
oleh pembanding seperti lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih kecil).
>(lebih besar), <=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih besar sama
dengan), <>(tidak sama dengan). Sedangkan untuk penulisannya yaitu,
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).
Pada rumus tsb bisa dimaknai bahwa ekspresi dari logika
tersebut bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada value_if_true akan
dijalankan. Jika salah, maka perintah value_if_false akan tetap dijalankan
juga.
0 Komentar