About Me

header ads

Microsoft Excel




Tentu saja, Anda sudah tahu bagaimana menggunakan Microsoft Office Excel tidak?klik
Namun ternyata dalam program rumus Excel tentu banyak fitur untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah untuk dilakukan, terutama dalam akuntansi. Menggunakan persamaan, maka pekerjaan Anda biasanya dilakukan secara manual akan lebih mudah jika mereka memahami bagaimana menggunakan fungsi dan rumus di Excel.

Di antara banyak rumus di Excel Microsof, saya sudah mengirimkan daftar rumus Excel dasar yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan produktivitas Anda ketika menggunakan Microsoft Excel. Berikut adalah ulasannya.




rumus excel rata-rata. Dalam rumus ini, fungsinya adalah untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari data set dibuat. Untuk menggunakannya, sebagai berikut, perhatikan rumus

= AVERAGE (# 1, # 2, dan seterusnya).

1, 2, dan jadi ini adalah kumpulan data yang telah dicari nilai rata-rata. Contoh: Ketika mengisi nilai rata-rata B2 ke kolom B6, maka Anda dapat menggunakan rumus = AVERAGE (B2: B6) dan diakhiri dengan tombol Enter
2. SUMA
rumus SUM di MS. Excel digunakan untuk menambah satu set data dalam kumpulan data. Artinya, untuk menulis

= SUM (number1, number2, dan seterusnya).

Untuk number1, number2, dan serangkaian data ditambahkan. Sebagai contoh, ketika Anda menambahkan B2-B8 dan kolom C8 C2, kemudian menulis = SUM (B2: B8, C2: C8).
3. MAX
rumus MAX di ms. excel dipakai untuk mencari nilai tertinggi . Untuk menggunakan ditulis dengan cara

= MAX (number1, nomor 2, dan seterusnya)

1, 2, dan seterusnya atas serangkaian data yang akan dicari. Untuk menemukan nilai tertinggi dari data yang akan ditulis dalam kolom D4 untuk D11, kemudian mengetik rumus adalah sebagai berikut: = MAX (D4: D11), kemudian tombol Enter ditekan untuk mendapatkan hasilnya.

4. MIN
Selain MAX, pada program Excel juga ada rumus MIN yang berfungsi kebalikan dari  MAX.Bila MAX untuk mencari nilai tertinggi, maka  MIN untuk nilai terendah dalam sebuah data numerik pada sheet Excel.  yaitu dengan

=MIN(no. 1, no. 2, …)

Dan N 1, 2, … adalah kumpulan data numerik yang akan dicari nilai terendahnya. COntohnya di dalam sheet Excel yang dibuat untuk mencari nilai terendah dari A2-A6 maka  =MIN(A2:A6) lalu Enter maka hasil nilai terendah akan didapatkan.

5. Count
Rumus Count  untuk menghitung jumlah data dalam kumpulan yang dipilih. Bentuk  rumus count ini adalah

=COUNT(number 1, number 2, ….)

dan number 1, number 2, … adalah kumpulan data yang akan dihitung  jumlah datanya. Misalnya bisa dilihat dari sekumpulan data dari A2-A10 maka  =COUNT(A2:A10) dan Enter.

6. Logika IF
Excel terdapat suatu rumus yaitu Logika IF, rumus tersebut  digunakan jika data yang dimasukkan punya suatu kondisi tertentu.  Misalnya pada data A1=1, akan didapatkan hasil 2, bila itu tidak didapatkan hasil, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu oleh pembanding seperti lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih kecil). >(lebih besar), <=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih besar sama dengan), <>(tidak sama dengan). Sedangkan untuk penulisannya yaitu,

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).

Pada rumus tsb bisa dimaknai bahwa ekspresi dari logika tersebut bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada value_if_true akan dijalankan. Jika salah, maka perintah value_if_false akan tetap dijalankan juga.


Posting Komentar

0 Komentar